Learning Management System

LMS atau learning management system, adalah software aplikasi untuk administrasi, dokumentasi, pemantauan dan pelaporan dari program2 pelatihan, baik dalam bentuk kelas maupun event online, program e-learning dan menampilkan materi2 pelatihan.

Software yang mengotomasi administrasi pelatihan ini juga biasanya bisa digunakan untuk mendaftarkan pengguna, memantau pelajaran dalam suatu katalog, menyimpan data dari peserta belajar, dan yang terakhir adalah memberikan laporan (raport) ke dalam manajemen.

Selain itu, instruktur juga bisa memberikan materi pelajaran dengan menggunakan akses komputer, telepon atau handheld device lewat koneksi ke Internet.

Sebagian besar LMS saat ini, dibuat berbasis web untuk memfasilitasi akses "kapan saja, dimana saja" pada materi pelajaran dan administrasinya.

Umumnya, komputer digunakan mulai sejak pendaftaran, menjadwalkan sumber daya pembelajaran, memberi kontrol dan petunjuk proses belajar, dan analisa serta laporan performa dari para peserta belajar.

Berikut ini adalah salah satu informasi produk LMS yang biasa kami gunakan berbasis open source, yaitu: Opigno (di atas) dan Moodle (di bawah).

Opigno adalah LMS yang dibuat berbasis content management system Drupal (drupal.org).

Moodle adalah Sistem Management Kursus/Mata Pelajaran, atau dikenal juga sebagai Learning Management System (LMS) atau sebuah Lingkungan Belajar Maya atau Virtual Learning Environment (VLE). Moodle adalah aplikasi web tidak berbayar yang dapat digunakan guru/pendidik untuk membuat situs belajar online yang efektif.

For Moodle Demo, please go to: http://demo.moodle.net

For Moodle Demo, please go to: http://demo.moodle.net

For Moodle Demo, please go to: http://demo.moodle.net